Wisata Nongko Ijo Kare Madiun



Salah satu cara untuk meningkatkan Pendapatan Asli daerah adalah dengan cara membuat tempat wisata-wisata yang menarik, sehingga menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke lokasi-lokasi wisata tersebut. Selain itu  multiflier effect ekonominya bisa memberikan kontribusi pendapatan bagi masyarakat sekitar. Hal ini mulai digarap dengan serius oleh Pemerintah daerah Madiun, salah satunya yaitu Wisata alam Nongko Ijo atau dalam bahasa indonesia berarti  nangka hijau.

Mungkin yang terbersit di pikiran dengan wisata alam nongko ijo adalah  wisata petik nangka atau kebun yang isinya tanaman nangka. Ternyata bukan, wisata nongko ijo merupakan wisata hutan pinus, konon dinamakan Nongko Ijo, karena dulu memang banyak pohon nangkaijo yang besar  di sekitar Hutan pinus tersebut.

Lokasi wisata ini berada di lereng gunung Wilis, Dusun Mbonromo, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun. Jika ditempuh dari Kota Madiun hanya sekitar 40 menit perjalanan. Perjalanan menuju lokasi wisata ini, sungguh memanjakan mata, karena kita disuguhi hamparan sawah dan hutan.Wisata ini cukup menarik wisatawan, meskipun dominan dengan wisatawan lokal. Barisan pohon pinus dan sejuknya udara memberikan daya tarik khusus bagi pengunjung.
Di bawah lokasi hutan pinus juga terdapat pemandangan sungai berair jernih nan menggugah. Karena pengunjung kebanyakan remaja dan anak muda, mereka lebih memilih mengunjungi tempat wisata untuk berfoto-foto.

Di wisata nongko ijo sendiri memiliki area spot foto yang unik dan menarik. Terdapat beberapa rumah pohon, ayunan, hingga figura foto. Tak hanya itu, di wisata hutan pinus nongko ijo terdapat kursi-kursi kayu, bilamana pengunjung ingin menikmati kopi di tengah sejuknya hutan.
Biaya tiketnya pun sangatlah murah dan terjangkau kantong pengunjung, hanya dikenai biaya parkir saja satu motor sebesar Rp 3.000, bagi yang ingin menikmati waktu liburan bersama keluarga ataupun sahabat, wisata nangka ijo di Madiun ini bisa menjadi jujugan.







Tempat wisata baru di Madiun ini memang masih sederhana. Para pengunjung hanya bisa duduk duduk santai menikmati makanan dan udara segar khas pegunungan. Namun rencananya  di Lokasi Hutan Pinus Nongko Ijo Kare akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas mulai dari tempat parkir yang luas, wahana bermain, spot foto, rumah pohon, camping ground, hingga flying fox.

Komentar