Wajik Ketan Gula Merah



Wajik merupakan salah satu makanan tradisionall Indonesia yang rasanya manis dan enak. Banyaknya makanan modern, membuat wajik ketan ini kurang begitu populer di kalangan masyarakat. Tetapi di  Madiun dan sekitarnya masih sering kita temui, terutama saat ada hajatan pesta pernikahan, wajik sering kita temui untuk suguhan para tamu undangan, dan juga sebagai bingkisan bersama kue-kue yang lain untuk dibawa pulang. makanan ini memiliki rasa yang khas dan bikin ketagihan. Nah, jika tertarik dengan wajik (wajik ketan), kita bisa membuatnya di rumah.



Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat wajik ketan sangatlah sederhana. Namun, proses pengolahannya membutuhkan waktu yang cukup lama. Sangat dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan dalam membuat makanan ini.

Resep Membuat Wajik Ketan Gula Merah:

Bahan yang digunakan:

    500 gr beras ketan putih kualitas bagus
    700 ml santan kental dari 1 butir kelapa
    250 gr gula merah, sisir
    100 gr gula pasir
    ½ sdt garam
    4 lembar daun pandan, cuci bersih, simpulkan
    Air secukupnya
    Minyak goreng untuk olesan secukupnya

Cara membuat:

    Cuci beras ketan dengan air mengalir sampai bersih. Rendam beras selama 2 jam. Angkat, tiriskan sebentar.
    Kukus beras dengan api sedang selama 30 menit. Setelah 15 menit buka penutup kukusan kemudian percikan sedikit air panas di atas beras ketan agar tidak kering dan terjaga kelembabannya.
    Sementara itu rebus santan, gula merah, gula pasir, garam, dan daun pandan. Aduk-aduk hingga gula larut. Masak hingga mendidih.
    Ambil ketan yang sudah dikukus. Masukan ke dalam rebusan santan sambil terus diaduk.
    Masak dengan api sedang sambil terus diaduk hingga santan habis dan adonan dapat dibentuk dengan tangan. Angkat.
    Tuang wajik ke dalam loyang yang sudah diolesi minyak. Tunggu hingga benar-benar dingin.
    Potong-potong sesuai selera dengan menggunakan pisau yag telah diolesi minyak.
    Taruh pada piring saji. Hidangkan.

Yang perlu diperhatikan adalah pemilihan bahan dan proses pembuatannya. Gunakan beras ketan putih yang berkualitas bagus. Gunakan pula santan yang terbuat dari kelapa parut, bukan santan instan yang banyak di jual di pasaran. Ketika merebus santan usahakan untuk terus mengaduknya agar santan tidak pecah. Pisau yang digunakan untuk memotong wajik diolesi minyak terlebih dahulu bertujuan agar wajik tidak lengket ke pisaunya.

Komentar