Mengapa dinamakan Getuk Lindri ?



Di berbagai daerah Indonesia, makanan yang  terbuat dari singkong memang banyak sekali macam dan ragamnya, dan salah satunya adalah  “Getuk Lindri” yang beraneka warna dan bentuk. Di Madiun makanan Gethuk Lindri ini banyak  dijual di pasar-pasar  tradisional,  rasa dari getuk lindri ini sangat enak dan teksturnya lembut , apalagi ada taburan kelapa  diatasnya menambah rasa gurih dan “Mak Nyus” . Bahan dasar pembuatan getuk lindri ini adalah  singkong yang  direbus lalu dihaluskan dan ditambahkan dengan bahan campuran lainnya dan dibentuk sesuai selera.


Kata Getuk, mungkin berasal dari bunyi Tuk..tuk..yang berulang saat menumbuk singkong setelah direbus,  lalu mengapa dinamakan Getuk Lindri, menurut sejarawan , J.FX. Hoery, menjelaskan sebutan getuk lindri berasal dari nama alat penggulung dari getuk itu sendiri yang dinamakan Lindri. Singkong dihancurkan hingga lembut dan keluar dari lindri dalam bentuk gulungan kecil, panjang dan berserat yang dapat dipotong sesuai selera. Proses menggulungnya pun disebut Lindri.

Makanan ini tergolong kedalam makanan tradisional, namun sekarang makanan ini banyak divariasikan dengan sajian yang kekinian sehingga bisa menarik orang yang melihatnya, biasanya makanan ini akan banyak anda jumpai dibeberapa daerah dipulau jawa,  makanan ini sering digunakan sebagai makanan oleh-oleh.

Bahan-bahan membuat getuk lindri

    Singkong 1 kg, pilih yang kualitas bagus
    Gula pasir putih 350 gram
    Pewarna makanan cair 1 sdt setiap masing-masing warna (kuning, hijau, merah, pink,)
    Garam dapur 1 sdt

Bahan untuk toping

    Kelapa agak tua1 buah, parut hingga halus
    Garam dapur halus 1 sdt

Cara Membuat Membuat Getuk Lindri Gurih  Dan Lembut

    Singkong terlebih dulu dikupas dan dibersihkan sampai benar-benar terlihat putih mengkilap
    Potong singkong menjadi beberapa bagian sesuai dengan selera
    Rebuslah singkong yang sudah  dipotong-potong sampai tekstur singkong empuk atau pulen, angkat tiriskan
    Tumbuk atau ulek singkong yang sudah empuk tadi sampai benar-benar halus
    Masukan singkong yang telah dihaluskan dalam satu wadah, kemudian tambahkan gula pasir dan garam halus yang sudah disediakan, uleni dengan tangan sampai tercampur semua
    Pisahkan adonan menjadi beberapa bagian dalam wadah yang berbeda, kemudian beri pewarna yang berbeda dalam setiap adonan, aduk lagi sampai tercampur rata
    Siapkan cetakan getuk lindri atau bentuk adonan menjadi getuk lindri, kukus kembali sampai matang, sisihkan
    Sambil menunggu matang, silahkan  campurkan parutan kelapa dengan sedikit garam, aduk lalu kukus sebentar saja
    Taburi getuk lindri dengan kelapa parut yang sudah dikukus tadi di atasnya
    Getuk lindri siap untuk anda sajikan dan nikmati sebagai santapan nikmat.

Itulah resep olahan getuk lindri yang sangat mudah dan kitai bisa memperaktekanya kapanpun juga, jangan lupa warna yang dihasilkan sesuai selera   agar lebih menarik. Dan juga taburan kelapa parutnya yang membuat makanan ini sangat gurih dan lezat.

Komentar