Krupuk Puli Beras Khas Madiun



Di Madiun,  jika menyantap sajian nasi pecel paling maknyus jika dalam sajian diikutkan kerupuk puli atau biasa dikenal dengan lempeng beras. Rasa lempeng yang gurih dan renyah akan membaur dengan sajian sambal pecel yang pedas manis. Sungguh akan menjadi sajian nikmat yang pas dilidah dan saling melengkapi. Dibalik cita rasa yang khas itu, ternyata lempeng beras bisa menjadi sumber peluang usaha rumahan yang potensial karena selain bahan baku dan proses pembuatannya tidak membutuhkan modal besar, juga mampu menghasilkan omset yang maksimal sebagai makanan pendamping nasi pecel dan camilan oleh-oleh.

Kerupuk puli atau lempeng sebenarnya dengan mudah bisa ditemukan di berbagai wilayah di pulau Jawa, namun cita rasa lempeng yang terbuat dari beras atau nasi ini memang tidak ada yang bisa mengalahkan lempeng dari kota Madiun.  Lempeng Madiun dikenal dengan rasanya yang gurih dan renyah. Hal ini karena lempeng Madiun dibuat dengan mengunakan bumbu yang khusus. Lempeng ini sangat pas disajikan bersamaan dengan nasi pecel atau sekedar buat camilan saja.

Tidaklah terlalu sulit mencari pengusaha lempeng di kota Madiun. Hampir di sudut-sudut tempat bisa ditemukan pabrik pembuatan lempeng ini. Yang unik, pabrik-pabrik pembuatan lempeng ini ternyata masih banyak yang berbasis industri rumah tangga atau usaha rumahan. Untuk rasa, jika lidah tidak peka maka kita bisa dibuat kesulitan membedakan produk lempeng dari pabrik yang satu dengan pabrik lainnya.

Resep krupuk puli beras

Bahan-bahan :
* 1 kg beras, pilih kualitas yang baik
* 50 gr udang ebi
* 5 siung bawang putih
* 1 sdt merica butiran
* 1 sdm garam
* 1/2 sdt gula pasir
* Minyak untuk menggoreng

Cara membuat krupuk puli beras :

* Cuci bersih beras, cuci sampai 3 kali pencucian, lalu masak beras hingga menjadi nasi. Cara memasaknya sama persis dengan menanak nasi putih.
* Sementara menunggu nasi matang, sangrai udang ebi sebentar, hanya sampai kering, tidak sampai berwarna coklat matang. Lalu udang digiling bersama dengan bawang putih, merica, garam dan gula. Inilah yang akan menjadi bumbu dari krupuk puli beras.
* Setelah nasi matang, lalu angkat. Dalam keadaan panas, campurkan nasi dengan bumbu, aduk hingga tercampur rata, lalu tumbuk nasi hingga menjadi lumat dan bumbu tercampur rata. Lalu diamkan adonan sambil dianginka-anginkan selama kurang lebih 3-4 jam
* Letakkan adonan di atas platik lalu giling adonan hingga pipih, usahakan ketipisan adonan tidak lebih dari 2 mm. Setelah adonan tipis, lalu potong adonan krupuk dengan panjang 5 cm x 10 cm atau bisa sesuai selera juga. Setelah itu keringkan adonan krupuk puli di bawah terik sinar matahati hingga benar-benar kering.
* Setelah benar-benar kering , lalu goreng krupuk hingga matang dan berwarna kecoklatan. Angkat dan krupuk puli beras siap disajikan.


Kendala utama dalam proses pembuatan lempeng ini adalah musim. Jika musim hujan, maka biasanya lempeng akan sukar kering.

Komentar